Sosok Panglima Jilah Pasukan Merah Dayak, Pemimpin yang Punya Ilmu Kebal

Nur Afidah Zalfalia Sagit · Rabu, 06 Juli 2022 - 14:20:00 WITA
Sosok Panglima Jilah Pasukan Merah Dayak, Pemimpin yang Punya Ilmu Kebal
Sosok Panglima Jilah Pasukan Merah Daya (Foto: Instagram: @tariuborneo)

JAKARTA, iNews.id - Nama Panglima Jilah atau Pangalangok Jilah cukup disegani di Tanah Kalimantan.  Pemimpin besar pasukan merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) dari suku Dayak Kanayatn ini konon juga memiliki ilmu kebal.

Dia berasal dari Toho Kabupaten mempawah Tepatnya di Desa Sambora, Kalimantan Barat, Indonesia. Penasaran seperti apa sosok Panglima Jilah? Dilansir dari YouTube Larasati Channel pada Jumat (7/1/2022), Panglima Jilah dikenal sebagai tokoh yang peduli terhadap adat, budaya serta permasalahan yang terjadi di Tanah Kalimantan. 

Lahir dengan nama Agustinus Jilah, Panglima Jilah yang menjadi simbol perjuangan masyarakat adat di bumi Borneo dalam mencari keadilan di tanah leluhurnya ini lahir pada 19 Agustus 1980, di Desa Sambora, Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.
 
Masa kecil Panglima Jilah bisa dikatakan kurang beruntung, pasalnya dia memiliki kekurangan di mana lidahnya suka keluar serta kondisi perut buncit. Kondisi ini membuat banyak orang tidak menyukai dirinya. Panglima yang dikenal dengan orasinya di mana-mana ini, rupanya dulu juga memiliki keterbatasan berbicara, karena gagap yang diderita semasa kecil. 

Tersembunyi di atas bangunan Candi Lantas, bagaimana sosok Panglima Jilah yang memiliki banyak kekurangan ini bisa terpilih menjadi panglima adat Suku Dayak?

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: