Senjata Tradisional Mandau Bisa Terbang Milik Suku Dayak

Silfia Rahmah Harahap ยท Rabu, 26 Oktober 2022 - 17:38:00 WITA
Senjata Tradisional Mandau Bisa Terbang Milik Suku Dayak
Senjata tradisional Mandau bisa terbang (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Senjata tradisional Mandau bisa terbang yang dimiliki suku Dayak konon disertai dengan ilmu kanuragan. Mandau juga menjadi salah satu senjata yang ditakuti musuh.
 
Mandau merupakan senjata tradisional suku Dayak di Kalimantan. Di masa lalu mayoritas penduduk asli yang tinggal di pulau Kalimantan yakni suku Dayak yang menganut animisme. 

Tradisi kuno mereka yang paling terkenal yaitu tentang teknik perburuan, yang mana Dayak memiliki teknik yang menargetkan kepala maka dari itu suku Dayak menggunakan Mandau ketika berburu. Lalu muncul pertanyaan apakah benar senjata tradisional ini bisa terbang? Simak informasi berikut.

Senjata Tradisional Mandau Bisa Terbang 

Senjata tradisional asal Kalimantan ini mempunyai alasan logis dalam kultur perburuan. Ketika ingin menargetkan bagian kepala hewan buruan maka Mandau harus dilempar. Sehingga, secara hiperbolis disebut terbang sampai mengenai kepala hewan buruan. 

Ternyata, selain digunakan untuk perburuan senjata tradisional Mandau ini juga digunakan leluhur saat berperang membantai musuh. Nah, di sini terjadi perbedaan karena bukan senjatanya yang terbang melainkan pengguna Mandau yang mempunyai ilmu hingga tidak terlihat oleh musuh. 

Senjata tradisional Mandau bisa terbang dipegang pria Dayak. (Foto: Instagram/@fakta.indo)
Senjata tradisional Mandau bisa terbang dipegang pria Dayak. (Foto: Instagram/@fakta.indo)

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: