Selidiki Penyebab Minimarket Ambruk di Banjar, Dinas PUPR Gandeng Tim Ahli ULM

Antara, Suhardian ยท Selasa, 19 April 2022 - 21:36:00 WITA
Selidiki Penyebab Minimarket Ambruk di Banjar, Dinas PUPR Gandeng Tim Ahli ULM
Korban Terakhir Tertimbun Minimarket Ambruk Ditemukan di Belakang Bangunan (Foto: iNews/Suhardian)

BANJARMASIN, iNews.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan bersama tim ahli dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk menyelidiki penyebab minimarket ambruk di Jalan Ahmad Yani KM 14, Kecamatan Gambut, Senin (18/4/2022). 

Bangunan tiga lantai itu ambruk, Senin (18/4/2022) sore hingga menewaskan 4 orang dan belasan lainnya luka-luka.

"Nanti ahli yang menilai dan menyimpulkan kira-kira faktor apa yang menyebabkan bangunan ruko ini sampai runtuh," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar Muhammad Riza Dauly di Kecamatan Gambut, Selasa (19/4/2022).

Menurut dia, tim ahli akan melakukan pemeriksaan kontur tanah serta meneliti sampel puing-puing bangunan tiga lantai tersebut.

"Hasil penelitian dari tim ahli ini akan disampaikan ke pimpinan untuk diambil langkah selanjutnya guna pengambilan kebijakan agar insiden serupa diharapkan tak terulang," kata Riza.

Di lokasi bangunan minimarket Alfamart yang ambruk, tim ahli dari Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat sudah mulai melakukan pendataan dan pengambilan sampel. Tim ahli juga meneliti kualitas beton pada puing-puing bangunan.

Bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut pada Senin (18/4/2022) ambruk dan menyebabkan empat orang meninggal dunia. Sedangkan sembilan orang lainnya selamat dan kini masih dirawat akibat luka-luka.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: