Sambut Muharram, Lomba Tanglong Kapal Hias Membludak

Anindita Trinoviana ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 16:32:00 WITA
Sambut Muharram, Lomba Tanglong Kapal Hias Membludak
Rangkaian kegiatan Festival Muharram, Lomba Tanglong Kapal Hias yang digelar Disporbudpar Barito Kuala ini diikuti oleh 17 peserta dari 17 kecamatan. (Foto: dok Pemkab Barito Kuala)

BARITO KUALA, iNews.id - Luar biasa! Suasana Siring Ulek Marabahan pada Sabtu malam (30/7/2022) dipenuhi massa. Mereka yang berasal dari berbagai kecamatan untuk menyaksikan Lomba Tanglong Kapal Hias di kawasan depan kediaman Bupati Barito Kuala (Batola), Jalan Tugu Marabahan. 

Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan dikarenakan kegiatan ini diselenggarakan untuk pertama kalinya di Kabupaten Barito Kuala oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar). 

Terlebih dalam acara ini panitia melengkapi gelaran bazar yang berasal dari kecamatan dan masyarakat umum untuk menjual aneka jenis jajanan baik makanan dan minuman.

Gelaran juga berisi musik gambus dari group yang terhimpun dalam Persatuan Artis Pencipta Lagu, Pemusik dan Penyanyi (PAPPRI) Kabupaten Barito Kuala.

Lomba Tanglong Kapal Hias dilepas oleh Bupati Noormiliyani AS didampingi Wakil Bupati Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Sekda Zulkipli Yadi Noor, dan seluruh anggota Forkopimda beserta istri ataupun suami. 

Kegiatan lomba ini diikuti 17 peserta yang berasal 17 kecamatan se-Batola dengan rute dari Siring Ulek Marabahan hingga Desa Basahap depan Mesjid Agung Al-Anwar, dan kembali ke Siring Ulek Marabahan.

Dari kejauhan, tampak terlihat aneka relief dan hiasan yang dipadu warna-warni pencahayaan, membuat suasana sungai Barito depan kediaman Bupati Batola begitu indah.

Rata-rata peserta melengkapi hiasan bernuansa islami seperti replika mesjid, binatang unta, hingga ikan paus yang ditambah tanglong dan lampu hias membuat suasana semarak. Para pengunjung yang menyaksikan keindahan sungai di malam hari ini seakan terkesima dan merasa terhibur.

Dari penilaian dewan juri, pemenang pada ajang yang pertama kalinya digelar ini diperoleh juara I peserta nomor 06 dari Desa Baliuk, juara 2 peserta nomor 13 dari Kecamatan Marabahan, dan juara 3 diraih peserta nomor 10 dari Desa Penghulu. 

Lalu, juara harapan I peserta nomor 09 dari Desa Sidomakmur, harapan 2 peserta nomor 02 dari Kelurahan Ulu Benteng, dan harapan 3 diraih nomor 11 dari Keluarga Marabahan.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: