Sakit dan Menunggu Hasil Swab, Habib Ali Tak Hadir saat Pendaftaran ke KPU Banjarmasin

Deny M Yunus ยท Minggu, 06 September 2020 - 15:36 WITA
Sakit dan Menunggu Hasil Swab, Habib Ali Tak Hadir saat Pendaftaran ke KPU Banjarmasin
Bakal Calon Wali Kota, Banjarmasin, Kalimatan Selatan (Kalsel) Khairul Saleh, mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, Minggu (6/9/2020). (Foto: iNews/Deny M Yunus)

BANJARMASIN, iNews.id - Bakal Calon Wali Kota, Banjarmasin, Kalimatan Selatan (Kalsel) Khairul Saleh, mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, Minggu (6/9/2020). Namun bakal calon dari jalur perseorangan ini, tidak didampingi calon wakilnya, Habib Ali karena sakit.

"Beliau (Habib Ali) lagi sakit. Jadi tidak mau memaksakan diri untuk hadir ke sini," kata Khairul Saleh usai menyerahkan berkas pendaftaran.

Khairul Saleh menjelaskan, selain sakit, hasil uji swab Habib Ali belum keluar. Sesuai ketentuan, pasangan bakal calon wajib melampirkan hasil uji swab yang dinyatakan negatif bila hadir di proses pendaftaran.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmawati Wahdah mengatakan, salah satu pasangan bakal calon atau keduanya, boleh tidak hadir di pendaftaran. Bagi yang berhalangan, penyerahan berkas pendaftaran boleh diwakilkan tim.

"Penyerahan berkas pendaftaran boleh diwakilkan bila pasangan bakal calon berhalangan," ujar Rahmawati.

Diakui Rahmawati, saat proses pendaftaran, pihaknya sempat menghubungi Habib Ali melalui fasilitas video call. Hal tersebut untuk memastikan yang bersangkutan memang berhalangan untuk hadir.

Namun, Rahmawati tidak menanyakan secara detail sakit apa yang diderita Habib Ali hingga berhalangan hadir.

Menurut Rahmawati, aturan pasangan bakal calon boleh tidak hadir di proses pendaftaran juga berlaku bagi yang dinyatakan positif Covid 19. Berkas pendaftarannya tetap akan diproses dan diterima bila dinyatakan memenuhi syarat.

"Di masa pandemi ini, ada berbagai ketentuan yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini, sebagai upaya memutus atau mengantisipasi penularan Covid 19," ujar Rahmawati.

Di tahap pendaftaran ini, pasangan calon wajib dua kali uji swab. Pertama, uji swab yang hasilnya dilampirkan saat pendaftaran. Kemudian, uji swab kedua dilakukan bersamaan dites kesehatan setelah berkas pendaftarannya dinyatakan memenuhi syarat.

Untuk pasangan jalur perseorangan Khairul Saleh-Habib Ali, dijadwalkan menjalani tes kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin, Senin (7/9/2020). Sementara tiga pasang bakal calon walikota dan calon wakil walikota yang mendaftar pada Jumat (4/9/2020), pada Minggu (7/9/2020) telah menjalani tes kesehatan di RSUD Ulin.

Hingga hari ketiga, sudah ada empat pasangan bakal calon yang mendaftar di Pilwali Banjarmasin 2020. Tiga pasang maju melalui jalur partai politik. Sedangkan satu pasang, melalui jalur perseorangan atau independen.


Editor : Nani Suherni