Rawat 53 Pecandu, BNNK Tabalong Tak Miliki Fasilitas Rehabilitasi

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 10:29 WIB
Rawat 53 Pecandu, BNNK Tabalong Tak Miliki Fasilitas Rehabilitasi
Kepala BNNK Tabalong AKBP Husni Thamrin . (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Meski tak memiliki fasilitas khusus rehabilitasi, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong, Kalimantan Selatan, merawat 53 pecandu narkoba. Puluhan pencadu dirawat sejak tahun 2019 lalu.

Kepala BNNK Tabalong AKBP Husni Thamrin mengatakan ketiadaan fasilitas khusus rehabilitasi membuat para pecandu hanya menjalani rawat jalan atau rehabilitasi mandiri. Selama rehabilitasi biasanya pasien harus mengikuti proses hingga delapan kali pertemuan baru bisa dinyatakan pulih.

"Pada 2019 lalu kami telah merehabilitasi 48 pecandu narkoba dan tahun ini ada lima orang yang menjalani rehabilitasi mandiri," kata Husni di Tabalong, Jumat (26/6/2020).

Husni juga menambahkan mereka yang menjalani rehabilitasi didominasi pecandu narkotika jenis sabu-sabu dan obat Zenith. Penyalah guna narkoba merupakan usia produktif 25 sampai 40 tahun.

Lima pencandu narkotika ini mencakup dari kalangan pelajar, guru dan dari karyawan swasta.

Sementara itu di tengah wabah virus Corona, BNNK Tabalong tetap memperingati Hari Anti Narkotika Internasional 2020 yang jatuh pada 26 Juni secara virtual.

Peringatan HANI dengan cara virtual diikuti oleh jajaran BNNK dan unsur Forkopimda Tabalong, dengan tema “Hidup 100 persen di era New Normal : Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba.

Husni juga mengajak para elemen masyarakat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan terus perangi narkoba.


Editor : Faieq Hidayat