Puasa Ayyamul Bidh Juli 2022 Tanggal Berapa? Simak Jadwal dan Bacaan Niat

Kastolani · Selasa, 12 Juli 2022 - 14:30:00 WITA
Puasa Ayyamul Bidh Juli 2022 Tanggal Berapa? Simak Jadwal dan Bacaan Niat
Puasa ayyamul Juli 2022 dimulai tanggal 14-15 setelah selesainya Hari tasyrik. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Puasa Ayyamul Bidh Juli 2022 tanggal berapa? Puasa sunnah yang dikerjakan tiga hari dalam sebulan ini bertepatan Bulan Dzulhijjah yang penuh keistimewaan. 

Ustaz Hanif Luthfi MA dalam bukunya berjudul Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah menjelaskan, Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan tiga hari dalam tiap bulan ketika rembulan sedang purnama yakni, tanggal 13, 14 dan 15 tiap bulan qamariyyah. Ayyamul Bidh artinya hari-hari putih.  

Namun kesunnahan puasa ayyamul bidh ini menjadi masalah ketika di bulan Dzulhijjah. Sebab, tanggal 13 bulan Dzulhijjah masih masuk hari tasyrik yang dilarang puasa mulai tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Sebagaimana hadits dalam Shahih Bukhari dari Ibnu ‘Umar dan ‘Aisyah, mereka “Pada hari tasyriq tidak diberi keringanan untuk berpuasa kecuali bagi orang yang tidak mendapat al hadyu ketika itu.” ( HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ حُذافة يَطُوفُ فِي مِنًى: "لَا تَصُومُوا هَذِهِ الْأَيَّامَ، فَإِنَّهَا أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ، وَذِكْرِ اللَّهِ، عز وجل"

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW menyuruh Abdullah ibnu Huzafah untuk berkeliling di Mina menyampaikan seruan berikut: Janganlah kalian melakukan puasa pada hari-hari ini, karena sesungguhnya hari-hari ini adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berzikir kepada Allah SWT". (HR Muslim).

Lantas, Puasa Ayyamul Bidh Juli 2022 tanggal berapa?

Jika biasanya puasa ayyamul bidh dilakukan tiap tanggal 13,14,15, maka pada bulan Dzulhijjah bisa dilakukan mulai tanggal 14, 15, 16 Bulan Dzulhijjah bertepatan hari Kamis-Sabtu tanggal 14-16 Juli 2022.

Namun, bagi Muslim yang merayakan Idul Adha lebih awal yakni pada hari Sabtu, 9 Juli 2022, maka bisa melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh mulai Rabu-Jumat, tanggal 13-15 Juli.  

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: