Posko PPKM Mikro Tingkat Desa di Hulu Sungai Tengah Dicek

Antara ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 13:13:00 WITA
Posko PPKM Mikro Tingkat Desa di Hulu Sungai Tengah Dicek
Satgas Covid-19 HST saat monitoring kesiapan penerapan PPKM mikro di tingkat desa dan kelurahan (Foto: Antara/M Taupik Rahman

HULU SUNGAI TENGAH, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan monitoring kesiapan penerapan PPKM Mikro di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Barabai, Batu Benawa dan Pandawan. Monitoring itu dipimpin langsung Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda HST Ainur Rafiq.

Monitoring tersebut juga untuk memastikan efektifitas PPKM Mikro di tingkat desa di seluruh kabupaten HST dengan mendirikan Posko Sigap Covid-19 di kantor-kantor desa. Diawali dengan peninjauan Posko Desa Kayu Bawang. Dari sana monitoring dilanjutkan ke Posko Desa Pagat, Kelurahan Bukat, Desa Matang Ginalon dan Posko Desa Banua Supanggal.

Di setiap lokasi yang dikunjungi, Ainur Rafiq memberikan arahan langsung kepada para petugas dan mengecek fasilitas posko mulai dari tempat isolasi, logistik, hingga update data perkembangan Covid-19 serta fasilitas lainnya.

Rafiq mengatakan, dari hasil pantauannya di lapangan, pelaksanaan PPKM MIKRO tingkat desa cukup baik dan tempatnya cukup representatif. Namun begitu, penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) rekomendasinya sangat bergantung pada kesiapan Posko PPKM MIkro, oleh desanya menjadi suatu pertimbangan nantinya.

"Di Desa Kayu Bawang sudah cukup bagus, efektif dan penanganannya sudah cukup baik. Alhamdulillah, Desa Banua Supanggal pun sudah cukup bagus. Ada tempat ruangan isolasinya sehingga jika ada warga yang terpapar, bisa diisolasikan di tempat desa," ujarnya.

Dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19, Asisten meminta masyarakat di desa agar tetap waspada dengan menjalankan protokol kesehatan secara baik dan benar, menjaga kesehatan dan mengikuti aturan pemerintah.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2