Pertama di Indonesia, Mobil SIKAPI Jemput Keluarga Napi untuk Menjenguk

Antara ยท Jumat, 10 September 2021 - 14:18:00 WITA
Pertama di Indonesia, Mobil SIKAPI Jemput Keluarga Napi untuk Menjenguk
Kajari Balangan La Kanna saat menyerahkan kunci mobil kepada operator mobil SIKAPI (Foto: Antara/Ragil Darmawan)

PARINGIN, iNews.id - Keluarga napi yang ingin menjenguk saudaranya di lembaga permasyarakatan bisa dijemput mobil Siap Antar Keluarga Napi (SIKAPI). Program SIKAPI yang diluncurkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan ini menjadi yang pertama di Indonesia.

Kepala Kejaksaan Negeri Balangan La Kanna, mengatakan inovasi mobil SIKAPI bertujuan untuk mempermudah keluarga napi saat ingin menjenguk keluarganya di lembaga permasyarakatan. Apalagi napi yang berasal dari Balangan, ditahan di Lapas kabupaten tetangga yaitu di Kabupaten HSU.

"Inovasi ini kami buat untuk membantu keluarga napi yang tidak bisa menjenguk keluarganya dikarenakan masalah biaya, apalagi yang dalam kondisi susah saat ini. Dan program ini sendiri gratis tidak dipungut biaya apapun, bahkan nantinya makan minum di perjalanan akan ditanggung oleh kami," kata La Kanna di Paringin, Jumat (10/9/2021).

Dia melanjutkan, adapun syarat yang harus dilakukan oleh keluarga napi yakni harus memiliki sertifikat vaksin terlebih dahulu minimal dosis pertama. Ini mengantisipasi keluarga napi ini dapat menularkan Covid-19 kepada karyawan Kejari.

"Kami berharap program ini dapat menjadi pilot project oleh Kejari lain yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: