Peringati Hari Anti Narkotika, Plt Bupati HSU Ajak Masyarakat Berantas Narkoba

Anindita Trinoviana ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 13:47:00 WITA
Peringati Hari Anti Narkotika, Plt Bupati HSU Ajak Masyarakat Berantas Narkoba
Plt Bupati HSU Husairi Abdi mengajak untuk memerangi dengan cara mencegah dan memberantas narkoba pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional. (Foto: Dok. Pemkab Hulu Sungai Utara)

AMUNTAI, iNews.id - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Husairi Abdi mengajak seluruh masyarakat agar memerangi dengan cara mencegah dan memberantas narkoba pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI).

Hal itu diungkapkan Plt Bupati HSU, Husari Abdi saat menyampaikan sambutan pada kegiatan peringatan HANI 2022, dengan mengusung tema 'SPEED UP NEVER LET UP' di Gedung Serba Guna Empu Mandastana, Senin (27/6/2022).

Husari mengatakan, narkotika merupakan jenis kejahatan extraordinary crime terorganisir lintas negara yang dapat memicu tindak kejahatan lainnya. Maka dari itu, narkotika merupakan ancaman serius merusak mental kehidupan bangsa.

"Apabila tidak ditangani secara bersama oleh seluruh elemen bangsa maka akan mengancam eksistensi bangsa dan negara," ucap Husairi.

Menurutnya, mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh harus dilaksanakan sedini mungkin dengan melindungi dan menjaga generasi muda agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

"Generasi muda sebagai penggerak pembangunan dalam mewujudkan Indonesia yang makmur dan sejahtera harus dilibatkan dalam mengkampanyekan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika," ujarnya.

Penanggulangan permasalahan narkotika harus dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan juga massif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa. 

Dia berharap pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dapat terlaksana dengan baik.

"Penanggulangan tersebut dapat dilakukan secara seimbang melalui pendekatan kesehatan, sosial, pendidikan, peningkatan softskill dan hardskill secara hukum," tuturnya.

Adapun disela kegiatan peringatan HANI, dilakukan penandatanganan komitmen bersama deklarasi perang melawan narkoba antara Pemerintah Kabupaten, Lintas Sektor terkait, dan BNNK Hulu Sungai Utara dalam upaya pencegahan pemberantasan narkotika. 

(CM)

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel: