Penambahan Pasien Sembuh Covid-19 di Kalsel Lebih Banyak dari Kasus Baru, Ini Rinciannya

Deny M Yunus ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 20:22 WIB
Penambahan Pasien Sembuh Covid-19 di Kalsel Lebih Banyak dari Kasus Baru, Ini Rinciannya
Update Kasus Covid-19 di Kalsel per 28 Juni 2020. (Sumber: Pemprov Kalsel)

BANJARBARU, iNews.id - Penambahan jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Kalimantan Selatan (Kalsel), lebih banyak dari penambahan kasus positif baru, Minggu (28/6/2020). Data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kalsel menyebutkan, jumlah pasien sembuh sebanyak 82 orang sedangkan positif baru jumlahnya 73 orang.

Meski demikian, secara keseluruhan jumlah kasus Covid-19 di provinsi ini terus bergerak naik dengan total kumulatif mencapai 3.003 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 2.096 orang merupakan pasien positif yang dirawat di sejumlah rumah sakit dan karantina khusus atau isolasi mandiri.

“Jumlah yang sembuh hari ini 82 orang. Dua hari ini Kalsel melaporkan jumlah sembuh lebih banyak dibandingkan kasus baru. Kemudian, perbandingan jumlah yang dirawat antara kemarin dengan hari ini berkurang 13 orang,” kata Juru Bicara TGTPP Covid-19, M Muslim.

Untuk kasus baru, Muslim memerinci, dari 73 orang itu 36 orang asal Banjarmasin, 18 orang dari Hulu Sungai Utara (HSU), 14 orang dari Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai Selatan (HSS) tiga orang. Kemudian dari Banjarbaru dan Hulu Sungai Tengah masing-masing satu orang.

“Penambahan kasus baru 73 orang ini empat berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP) terkonfirmasi positif, terdiri atas orang di RSUD Ulin dan satu di RSUD Ratu Zaleha. Kemudian, 69 orang hasil kontak tracing petugas, terdiri atas 34 orang di Banjarmasin, 13 orang di Kabupaten Banjar, 18 di HSU, dua di HST dan satu di Banjarbaru,” ujar Muslim.

Sementara yang sembuh, dari 82 orang sebanyak 40 orang dari karantina khusus BPSDM Panglima Batur Banjarbaru, Karantina Khusus di HSU 18 orang, RSUD Anshari Saleh 10 orang, RSUD Hasan Basry Kandangan sembilan orang, karantina khusus di Tanah Laut tiga orang. Sementara dari RS Bhayangkara Polda Kalsel di Banjarmasin dan isolasi mandiri di Banjarbaru masing-masing satu orang.

“Sehingga jumlah yang sembuh saat ini sudah sebanyak 725 orang atau 24.1 persen dari seluruh kasus,” kata Muslim.

Sedangkan angka yang meninggal dunia bertambah empat orang. Sehingga jumlah yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kalsel secara keseluruhan sebanyak 182 orang.

Untuk empat orang yang meninggal dunia itu satu orang dari Kabupaten Banjar. Sedangkan satu orang lagi asal Hulu Sungai Selatan yang meninggal dunia saat berstatus PDP pada 26 Juni lalu. Kemudian, dua orang PDP asal HSU yang meninggal dunia pada 12 dan 16 Juni 2020. Namun, hasil uji swabnya baru diketahui positif belakangan.

Selanjutnya jumlah PDP terbaru sebanyak 312 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 798 orang.


Editor : Abay Fadillah Akbar