Misteri Ular Raksasa Nabau, Sang Penjaga Hutan Kalimantan yang Hebohkan Media Asing

Okezone ยท Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:11:00 WITA
Misteri Ular Raksasa Nabau, Sang Penjaga Hutan Kalimantan yang Hebohkan Media Asing
Ilustrasi Anakonda (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan ular raksasa Nabau dan Tangkalaluk di belantara Kalimantan masih menjadi misteri. Bagi suku Dayak di pedalaman ular raksasa itu merupakan penjaga hutan Kalimantan dan yang harus dihormati.

Melansir The Telegraf, konon, ular tersebut memiliki ukuran hingga 80–100 meter. Bagian kepalanya menyerupai naga dilengkapi tujuh lubang hidung. Mitos ular-ular legendaris bernuansa mistis ini. 

Bahkan pada tahun 2009 foto yang diduga penampakan Ular Nabau menghebohkan media-media luar negeri. Jika dilihat dari fisiknya, jelas ular yang satu ini memiliki ukuran yang besar dibanding hewan melata sejenis. 
Dikutip dari status Facebook Johan Michael Median Pasha, dia menuliskan bahwa ular tersebut bisa dibilang merupakan salah satu Anaconda-nya Indonesia.

Ular raksasa asli tanah Kalimantan itu disebut sebagai Tangkalaluk dalam bahasa lokal setempat atau phyton raja yang menjadi salah satu penguasa lebatnya belantara Borneo. Sosok ular tersebut juga termasuk sangat langka, di mana jarang ada orang yang bisa menemuan keberadaannya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: