Menhan AS Undang Prabowo ke Washington Bahas Alutsista

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:46 WITA
Menhan AS Undang Prabowo ke Washington Bahas Alutsista
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto ist).

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat, Mike Esper mengundang Prabowo Subianto ke Washington pada Jumat (16/10/2020) waktu setempat. Pertemuan tersebut akan membahas kerja sama pembelian alutsista.

Prabowo sebagai Menhan Indonesia akan menjadi kunjungan perdana ke Negeri Paman Sam setelah AS mencabut larangan masuk. AS pernah menjatuhkan sanksi larangan masuk kepada Prabowo atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Timor Leste.

Sejak dipercaya menjabat posisi Menteri Pertahanan Indonesia, AS melihat Prabowo sebagai sosok penting saat pemerintahan Donald Trump berusaha memperkuat hubungan pertahanan dengan Jakarta. Ini didasarkan juga pada kekhawatiran AS militer Indonesia tengah didekati dua negara besar lainnya; China dan Rusia.

Reutes melaporkan, Kamis (15/10/2020), pejabat senior pertahanan Amerika Serikat sangat mendukung dan langkah Esper mengundang Prabowo bertemu ke Pentagon.

"Menhan Prabowo ditunjuk sebagai menteri pertahanan dua kali oleh Presiden Indonesia yang terpilih, yang merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," kata pejabat Pentagon yang tak ingin disebutkan namanya.

"Dia adalan mitra kami, kemitraan yang penting, dan penting bahwa kita berhubungan dengan dia dan memperlakukannya sebagai seorang mitra," katanya.

Sumber anonim pemerintah Indonesia mengatakan kepada Reuters, Menhan Prabowo akan bertemu dengan sejumlah pejabat pertahanan AS guna membahas rencana pembelian pesawat tempur F-35. Sebelumnya, Rusia juga sempat menawarkan penjualan jet tempur pada Indonesia.

Langkah pemerintah Amerika Serikat memberi Prabowo visa masuk dikritik oleh organisasi nirlaba, Amnesty International serta beberapa kelompok HAM.


Editor : Faieq Hidayat