Melek Teknologi, Petani di HSU Manfaatkan Drone Basmi Gulma

Nani Suherni ยท Jumat, 01 Juli 2022 - 10:36:00 WITA
Melek Teknologi, Petani di HSU Manfaatkan Drone Basmi Gulma
Melek Teknologi, Petani di HSU Manfaatkan Drone Basmi Gulma (Foto: Dok Pemkab HSU)

AMURAI, iNews.id - Petani di Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kini mulai memanfaatkan terknologi drone pesawat. Terknologi ini untuk penyemprotan racun tumbuhan ke permukaan gulma berjenis putri malu raksasa yang kerap mengganggu lahan pertanian warga.

Kepala Desa Kalumpang Luar, Darmansyah mengatakan, penyemprotan menggunakan drone ini akan dilakukan di empat desa di Kecamatan Babirik. Yaitu Desa Kalumpang luar, Murung Panti Hulu, Murung Panti Hilir, dan Desa Sungai Luang Hilir.

Sedangkan pembiayaan penyemprotan ini bersumber dari dana desa porsi pertanian. Dia menyebut sebelumnya pihaknya memusyarawahkan beberapa opsi yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan di masing-masing tersebut.

Di antara opsi yang pernah dijalan seperti penyemprotan dengan tenaga manual pada tahun 2019 atau dengan alat berat, namun butuh biaya yang besar dan waktu yang lama.

Berbeda dengan cara manual atau alat berat, penyemprotan dengan menggunakan drone ini mampu membawa 10 liter air dan cukup untuk lahan seluas 1 hektare dengan waktu cuma beberapa menit.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: