Kunjungi Wisata Durian, Aster KSAD Minta Warga Jaga Infrastruktur TMMD

Zainal Hakim · Selasa, 14 Juli 2020 - 19:45 WITA
Kunjungi Wisata Durian, Aster KSAD Minta Warga Jaga Infrastruktur TMMD
Aster KSAD Mayjen TNI Nur Chahyanto, saat meninjau progres pelaksanaan TMMD ke 108 di Desa Bi’ih, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalsel, Selasa (14/7/2020). (Foto: iNews/Zainal Hakim).

MARTAPURA, iNews.id - Aster KSAD Mayjen TNI Nur Chahyanto memantau proses pengerjaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang berpusat di Desa Bi’ih, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalsel, Selasa (14/7/2020). Dalam kunjungannya di desa yang juga tempat wisata durian ini, Chahyanto meminta warga agar dapat memelihara dan memanfaatkan dengan baik semua fasilitas yang dibangun TNI.

“Saya lihat progresnya sangat baik, jadi dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaannya dan secara fisik pengerasan jalan, juga bagus. Tinggal perbaikan sedikit-sedikit,” kata Chahyanto.

Chahyanto juga optimistis, dengan waktu yang tersisa semua pekerjaan dapat tuntas sesuai dengan target. “Saya juga melihat pengerjaan pos kamling, bedah rumah. Semuanya sudah sangat baik dan dalam waktu dekat sudah selesai,” ujarnya.

Selain itu, Chahyanto juga berkesempatan melihat lokasi dibangunnya tugu buah durian yang menjadi ikon Desa Bi’ih tersebut.

“Pembangunan tugu ini adalah permintaan masyarakat, dan kita pasti sangat mendukung. Mengingat desa ini dikenal dengan buah duriannya. Diharapakan kedepannya desa ini dapat menjadi lokasi wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Chahyanto.

Seorang warga Desa Bi'ih, Hadransyah mengatakan, masyarakat sangat berterima kasih kepada para TNI, karena telah menggelar TMMD di Desa Bi'ih. “Berkat adanya TMMD ini infrastruktur di desa kami sangat bagus, terutama pembuatan jalan baru yang dapat mempermudah masyarakat dalam beraktivitas,” katanya

Kegiatan TMMD di desa ini berlangsung selama 30 hari, sejak 30 Juni 2020 lalu. Pelaksanaan dibuka secara resmi oleh Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah, dengan menerjunkan 150 prajurit TNI dari Kodim 1006 Martapura. Targetnya, prajurit membangun badan jalan baru dan drainase sepanjang 4.479 meter yang menghubungkan Desa Bi’ih, kecamatan Karang Intan dan Desa Atayau, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar.

Selain membuat badan jalan baru, program TMMD tahun 2020 ini juga melakukan bedah tempat ibadah, dan bedah rumah warga tak mampu.


Editor : Abay Fadillah Akbar