KPU Hulu Sungai Utara Gelar Tahapan Peluncuran Pemilu 2024

Rizqa Leony Putri ยท Rabu, 15 Juni 2022 - 15:16:00 WITA
KPU Hulu Sungai Utara Gelar Tahapan Peluncuran Pemilu 2024
KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar kegiatan tahapan Peluncuran Pemilu 2024 di seluruh Indonesia melalui Video Conference Zoom Meeting. (Foto: dok pemkab HSU)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar kegiatan tahapan Peluncuran Pemilu 2024 di seluruh Indonesia melalui Video Conference Zoom Meeting di Mess Negara Dipa Amuntai. Kegiatan tersebut merupakan momentum bagi seluruh penyelenggara untuk membangun komitmen dan bekerja sungguh-sungguh melaksanakan pesta demokrasi yang berintegritas.

Seperti diketahui, KPU RI akan menggelar acara peluncuran tahapan awal Pemilu 2024. Hal itu sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) Pasal 167 ayat 6 yang menyebut bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sementara sambutan disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian. Dirinya mengatakan Presiden secara tegas mengatakan bahwa pemerintah mendukung penuh seluruh pelaksanaan tahapan jadwal pemilu dan pilkada yang sudah ditetapkan.

Tahapan tersebut dimulai 14 Juni Tahun 2022, hingga pemungutan suara Pemilu 14 Februari tahun 2024 dan Pilkada serentak pada November 2024. Dalam berbagai forum tersebut Presiden menegaskan kepada Mendagri, Menteri Keuangan, dan seluruh jajaran pemerintahan termasuk Polri dan Pemda untuk memberi dukungan penuh kepada KPU dan jajarannya.

Mulai dari pendampingan penyusunan regulasi seperti regulasi khusus untuk pengadaan logistik hingga pendanaan yang diperlukan, sehingga KPU diminta oleh Presiden agar tidak perlu ragu ragu-untuk segera mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak. Kemudian, juga mempersiapkan semua tahapan dengan detail dan rapi terutama penyiapan pendata pemilih agar tidak terjadi perselisihan, serta meningkatkan sinergi dengan pemerintah dalam artian positif dan membangun kepercayaan publik kepada KPU.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: