11 Keutamaan Hari Jumat Lengkap dengan Dalil, Nomor 6 Doanya Diijabah

Kastolani · Jumat, 05 Agustus 2022 - 10:56:00 WITA
11 Keutamaan Hari Jumat Lengkap dengan Dalil, Nomor 6 Doanya Diijabah
Keutamaan Hari Jumat bagi umat Islam yang dianjurkan untuk banyak melakukan amal ibadah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Hari Jumat dalam Islam merupakan hari istimewa dan mempunyai banyak keutamaan dibandingkan hari lain. 

Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam atau penghulunya hari dan disebut juga dengan Hari raya tiap pekan. Di hari mulia itu, Muslim diperintahkan melaksanakan sholat Jumat dan memperbanyak bersholawat serta amalan-amalan ibadah lainnya. 

Keutamaan Hari Jumat

Kata Jumat secara etimologis berasal dari kata jama'a - yajma'u - jama'ah yang memiliki arti 'berkumpul'. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menerangkan bahwa sesungguhnya hari Jumat dinamakan Jumu'ah karena berakar dari kata al-jam'u, mengingat kaum muslim melakukan perkumpulan untuk setiap tujuh harinya sebanyak sekali di dalam masjid-masjid yang besar. 

Menurut bahasa orang-orang kuno, hari Jumat disebut pula dengan nama hari 'Arubah. Dan telah terbuktikan bahwa umat-umat sebelum Islam datang telah diperintahkan untuk menghormati hari Jumat, maka mereka memuliakannya. 

Ustaz Syafri Muhammad Noor dalam bukunya berjudul Hukum Fiqih Seputar Hari Jumat menjelaskan, Hari jJumat merupakan hari raya pada setiap pekan bagi umat Islam. Memang pada dasarnya, semua hari dalam Islam tidak ada yang tidak baik, semuanya baik. Namun, ada satu hari yang Allah jadikan sebagai hari yang mulia daripada hari-hari yang lainnya yakni hari jumat.

Para ulama pun menuliskan tentang kemuliaan hari jumat dalam satu kitab tersendiri. Ibnul Qayyim Al-Jauziyah (w. 751 H), salah seorang ulama hanabilah yang sangat produktif dalam menuliskan karya, salah satunya adalah Kitab Zaad al-Ma’ad al-hadyu ilaa Sabiil ar-Rasyaad.

Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa hari jumat memiliki 33 keistimewaan yang berdasarkan pada hadits-hadits nabi yang dianggap shahih.

Selain ibnul Qayyim, Ada juga Imam Jalaluddin AsSuyuthi (w. 911 H), seorang ulama dari madzhab syafii yang juga sangat produktif dalam menelurkan sebuah karya.

Salah satu karyanya adalah kitab Nurul lum’ah fi khashaish al-Jum’ah, di mana dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa hari jumat memiliki 100 keutamaan.

Berikut 11 keutamaan Hari Jumat lengkap dengan dalil:  

1. Disyariatkannya Sholat Jumat

Salah satu keutamaan hari Jumat adalah disyariatkannya sholat Jumat atau yang lazim disebut dengan Jumatan. Allah SWT telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk berkumpul guna mengerjakan ibadah kepada-Nya di hari Jumat.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Jumuah ayat 9:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)}

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

2. Terjadinya Hari Kiamat

Hari Kiamat pasti akan terjadi. Namun, kapan waktunya hanya Allah yang mengetahui. Meski demikian, melalui rasul-Nya, Allah memberitahukan bahwa hari pembalasan atau hari akhir itu akan terjadi pada hari Jumat.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda: "Pada hari itu (Jumat) Kiamat akan terjadi dan tak ada binatang melata satu pun kecuali mereka menunggu pada hari Jumat sejak shubuh sampai terbit matahari karena takut akan datangnya hari Kiamat kecuali jin dan manusia". (HR. Abu Daud).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: