Kasus DBD di Tanah Bumbu Meningkat, Total 397 Pasien

Antara ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 15:41 WIB
Kasus DBD di Tanah Bumbu Meningkat, Total 397 Pasien
Ilustrasi. (Foto Ist).

TANAHBUMBU, iNews.id - Kasus penyakit demam berdarah dengue atau DBD di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus meningkat dibandingkan dengan periode 2019. Sedangkan periode Januari-Mei 2020 kasus DBD bertambah 397 pasien.

"Periode Januari-Mei 2020 kasus DBD bertambah 397 atau meningkat sekitar 10 persen dibandingkan dengan periode sama 2019 sebanyak 358 kasus," kata Kepala Tata Usaha RSUD Tanah Bumbu, Saleh di Batulicin, Selasa (19/5/2020).

Seluruh pasien DBD ditangani RSUD dr Andi Abdurahman Noor. Secara rinci, Januari sebanyak 114 kasus DBD yang ditangani pihak rumah sakit, Februari sebanyak 169 kasus, Maret 68 kasus, April 25 kasus dan Mei hingga saat ini mencapai 5 kasus.

Dari jumlah kasus selama 2020, terdapat lima orang meninggal dunia akibat DBD.

Saleh mengatakan saat ini upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah untuk menekan angka kasus tersebut, yakni salah satunya melakukan pengasapan (fogging) di daerah-daerah yang menjadi endemik.

Dinas kesehatan juga membagikan serbuk pembasmi jentik atau abate kepada masyarakat sekitar untuk memberantas jentik-jentik nyamuk di lingkungan masing-masing secara serentak. Bahkan pemerintah daerah mengajak masyarakat agar dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk memberantas sarang nyamuk DBD.

"Kami berharap kerja samanya terhadap masyarakat lebih proaktif untuk melaporkan kasus DBD di tempat tinggal masing-masing ke dinas terkait agar kasus ini cepat tertangani," ujar Saleh.


Editor : Faieq Hidayat