Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Disdik Banjarmasin Tetap Terapkan Belajar Jarak Jauh

Antara ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 08:43 WIB
Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Disdik Banjarmasin Tetap Terapkan Belajar Jarak Jauh
Ilustrasi. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan tetap menerapkan belajar jarak jauh atau di rumah. Tujuannya demi menyelamatkan anak dari wabah virus corona atau Covid-19

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto mengatakan saat ini penyebaran virus corona masih tinggi, sehingga tidak memungkinkan proses belajar mengajar tatap muka

"Karena kita tidak mungkin mengorbankan kesehatan dan keselamatan siswa, mohon ini dipahami masyarakat. Semoga dapat bersabar melaksanakan proses belajar mengajar anaknya di rumah saja," kata Totok, Jumat (24/7/2020).

Dia mengakui efektivitas pembelajaran jarak jauh ini tidak sama dengan tatap muka di sekolah antara siswa dan guru. Sebab belajar jarak jauh ini banyak keterbatasan.

Menurut dia, ada dua pilihan dalam melancarkan proses belajar mengajar jarak jauh ini. Artinya tidak semuanya harus daring tapi juga di luar daring.

"Jadi melihat situasi, ada sekolah yang mampu daring, silakan. Tapi yang tidak jangan dipaksakan, misalnya di sekolah pinggiran hanya mampu setengahnya, ya di luar jaringan saja," kata Totok.

Dia pun mengatakan akan mengeluarkan surat edaran agar semua sekolah menganalisa kemampuan orang tua siswa dalam melaksanakan pilihan-pilihan ini. "Cara seperti ini kita sepakati tadi dengan pihak Komisi IV DPRD kota dalam rapat," ungkapnya.

Terkait bantuan dari pemerintah atau sekolah untuk meringankan beban pemenuhan kuota internet untuk belajar secara daring, menurut Totok, solusinya bisa dari Dana Operasional Sekolah (BOS).

"Jadi begini, kuota internet itu dalam petunjuk teknis dana BOS yang baru ini, itu boleh dianggarkan untuk sekolahan," ujar dia.


Editor : Rizal Bomantama