Kapolda Kalsel Tegaskan Pelajar Ikut Demo Langgar Aturan

Antara ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:48 WITA
Kapolda Kalsel Tegaskan Pelajar Ikut Demo Langgar Aturan
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta menegaskan pelajar yang ikut demo melanggar aturan. Apabila ada pihak yang melibatkan pelajar dalam demo harus ditindak tegas.

"Jika ada pihak-pihak yang memanfaatkan anak sekolah ikut demo, tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku karena jelas tidak dibenarkan," kata Nico di Banjarmasin, Kamis (15/10/2020).

Menurut Kapolda, sejumlah aturan jelas melarang pelajar apalagi kategori anak di bawah umur ikut dalam aksi unjuk rasa. Di antaranya Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak hingga Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pencegahan Keterlibatan Peserta Didik Dalam Aksi Unjuk Rasa Berpotensi Kekerasan.

Untuk itu, Nico memastikan tak mentolerir siapa pun mencoba menggerakkan anak sekolah dalam aksi menolak Omnibus Law di depan DPRD Kalimantan Selatan pada hari ini.

Dia berharap, orang tua dan guru dapat memberikan pengertian kepada siswa bahwa gerakan massa saat ini belum saatnya dilakukan oleh siswa karena masih masuk kategori anak dan rawan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Kami TNI-Polri siap mengawal dan mengamankan aksi penyampaian aspirasi adik-adik mahasiswa sepanjang tak melanggar aturan hukum. Kepada guru dan orangtua diharapkan dapat mengawasi anaknya agar tak terlibat unjuk rasa," katanya di dampingi Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah.


Editor : Faieq Hidayat