Kalsel Waspadai Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku yang Menyerang Hewan Ternak

Antara · Selasa, 10 Mei 2022 - 17:36:00 WITA
Kalsel Waspadai Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku yang Menyerang Hewan Ternak
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. (Foto: Dok MC Kalsel/Rns)

BANJARMASIN, iNews.id - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengingatkan ancaman penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak. Sebab kasusnya sudah ditemukan di wilayah Jawa Timur.

Instruksi gubernur ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Suparmi. Dia mengatakan, Pemprov Kalsel kini meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit yang menyerang 1.247 ekor ternak sapi di Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo, dan Mojokerto di Jawa Timur.

Menurutnya, gubernur meminta pihaknya segera melakukan langkah pencegahan penularan penyakit mulut dan kuku tersebut agar tidak terjadi di Kalsel. Termasuk menyampaikan imbauan kepada peternak, pelaku usaha ternak, pelaku usaha di bidang pengolahan daging dan petugas kesehatan hewan.

Langkah-langkah yang ditekankan gubernur di antaranya segera berkoordinasi dengan Balai Veteriner Banjarbaru untuk melakukan surveilans dan deteksi dini. Selain itu, berkoordinasi dengan Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin untuk pengawasan lalu lintas ternak dan produk ternak yang akan masuk ke Kalsel.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: