Ini Arahan Jokowi Soal Proyek Prioritas Dilanjutkan di Tengah Pandemi Corona

Felldy Utama ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 13:35 WIB
Ini Arahan Jokowi Soal Proyek Prioritas Dilanjutkan di Tengah Pandemi Corona
Presiden Joko Widodo. (Foto Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan terkait proyek prioritas nasional (PSN) tetap dilanjutkan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Proyek prioritas tersebut tidak boleh berhenti.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan pada Rabat Terbatas (Ratas) Evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak Covid-19, Jumat (29/5/2020).

"Walaupun saat ini kita tengah menghadapi pandemi, tetapi agenda-agenda strategis yang sangat penting bagi bangsa negara kita, yang prioritas bagi kepentingan nasional, tidak boleh berhenti dan tetap kita lanjutkan," ujar Jokowi.

Menurut dia, meski Indonesia sedang menghadapi pandemi corona, namun proyek prioritas untuk kehidupan masyarakat tidak boleh dilupakan.

Misalnya di bidang kesehatan, Jokowi mencontohkan, yaitu menurunkan stunting, pemberantasan TBC, malaria, DBD, HIV Aids dan juga berkaitan dengan gerakan hidup sehat. Menurut dia, beberapa program tersebut harus tetap dikerjakan.

"Ini artinya harus fokus menangani dan mengendalikan Covid-19 tapi agenda-agenda strategis yang berdampak besar pada kehidupan rakyat juga tidak boleh dilupakan," kata dia.

Kedua, Jokowi meminta para menteri terkait mempercepat proyek strategis nasional yang sedang berjalan, terutama yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat dan pemulihan ekonomi nasional. Dia mencatat beberapa PSN yang sangat penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat.

"Misalnya, program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, pehutanan sosial serta peremajaan perkebunan rakyat. Saya ingin pastikan program prioritas ini tetap berjalan, tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," tuturnya.

Ketiga, mengenai hambatan berbagai PSN di lapangan, Jokowi minta dipercepat. "Saya menerima laporan hambatan yang besar masih pada pembebasan lahan," ujarnya.

Terakhir, Jokowi meminta usulan 245 PSN baru dikalkulasi secara rinci mana yang diberi rekomendasi dan tidak. "Prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pada pasca-pandemi (Covid-19) saya sangat penting untuk kita dahulukan," katanya.


Editor : Faieq Hidayat