Hujan Lebat Berpotensi Guyur 13 Kabupaten di Kalsel, BMKG: Waspadai Banjir

Antara ยท Minggu, 13 Juni 2021 - 20:02:00 WITA
Hujan Lebat Berpotensi Guyur 13 Kabupaten di Kalsel, BMKG: Waspadai Banjir
BMKG memeringatkan potensi banjir akibat hujan deras di 13 kabupaten di Kalimantan Selatan. (Foto: Antara)

BANJARBARU, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat berdampak banjir di 13 kabupaten dan kota, Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (13/6/2021) hingga Senin (14/6/2021).

Karena itu, masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap dampak hujan yang dapat menyebabkan jalanan licin dan tergenang serta pohon tumbang dan sambaran petir.

"13 kabupaten dan kota di Kalsel berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat disertai petir dan angin kencang terutama saat siang dan malam hari. Sedangkan pada pagi hari cenderung cerah dan dini hari cerah berawan," papar staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, Adhitya Prakoso, Minggu (13/6/2021).

Adhitya menjelaskan, adanya daerah pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Kalsel dan didukung oleh labilitas lokal yang kuat berpotensi menumbuhkan banyak awan.

Kemudian nilai kelembapan udara atas yang tinggi di sekitar wilayah Kalsel juga semakin mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menghasilkan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2