Gus Yahya Sebut Isu Kedekatan dengan Israel hanya Gimmick di Muktamar NU

Riezky Maulana ยท Kamis, 30 Desember 2021 - 14:52:00 WITA
Gus Yahya Sebut Isu Kedekatan dengan Israel hanya Gimmick di Muktamar NU
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya. (Foto: MNC Portal)

JAKARTA, iNews.id  - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dikabarkan memiliki kedekatan dengan Israel. Isu tersebut menyeruak saat gelaran Muktamar ke-34 NU.

Namun pria yang akrab disapa Gus Yahya ini memilih santai menanggapi isu itu. Dia menyebut isu kedekatan dengan Israel hanya gimmick saat muktamar.

"Kalau soal isu-isu Israel ini kan diangkat memang sebagai gimmick dalam muktamar saja," tutur pria yang karib disapa Gus Yahya saat berbincang dengan MNC Portal di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (30/12/2021).

Menurut Gus Yahya, isu kedekatan dengan Israel muncul pada 2018. Dia pun sudah sering menjelaskan kepada publik. Menurutnya permasalahan antara Israel-Palestina tak akan dimasukinya jika sudah menyentuh ranah politik.

Saat menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Gus Yahya pernah hadir dalam konferensi tahunan Forum Global AJC (Komite Yahudi Amerika) pada 10 hingga 13 Juni 2018.

"Ini kan soal lama, sudah dari tahun 2018, saya sudah berbusa-busa ngomong sejak waktu itu. Saya tidak mau masuk ke dalam ranah politik, saya ingin bicara dimensi agama dari problem-nya," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: