Gagal Persunting Dyah Pitaloka, Hayam Wuruk Nikahi Perempuan Cantik dari Wengker

Avirista Midaada · Kamis, 12 Mei 2022 - 09:20:00 WITA
Gagal Persunting Dyah Pitaloka, Hayam Wuruk Nikahi Perempuan Cantik dari Wengker
Peninggalan Kerajaan Majapahit

JAKARTA, iNews.id - Lamaran dan prosesi pernikahan antara Hayam Wuruk dengan Dyah Pitaloka Citraresmi kandas gegara Perang Bubat. Namun dikisahkan, jika Raja Majapahit itu akhirnya menikahi perempuan cantik dari Wengker.

Gajah Mada mencoba mempolitisasi pernikahan yang didasari dengan cinta itu berujung peristiwa memilukan. Peperangan berat sebelah ini mengakibatkan seluruh rombongan pengiring pengantin dari Kerajaan Sunda gugur. 

Konon dari pejabat Sunda hingga pasukannya, termasuk sang raja hanya satu perwira yang berhasil melarikan diri yakni Pitar, karena berpura-pura gugur. 

Sementara sang putri Sunda Dyah Pitaloka Citraresmi memilih mengakhiri hidupnya usai melihat ayah ibunya gugur di tangan pasukan Bhayangkara yang dikomandoi Gajah Mada. Dia tampak sedih dan terkejut usai Perang Bubat. 

Pascaperang Bubat, sebagaimana dikutip dari "Tafsir Sejarah Nagarakretagama" dari Prof Slamet Muljana, Hayam Wuruk memang terlihat sedih. Dia merasa bersalah karena niatan menikahnya gagal terealisasi hingga membuat Dyah Pitaloka Citraresmi memilih bunuh diri.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: