Distan HSU Pertimbangkan Penggunaan Drone Pembasmi Hama di Lahan Pertanian

Antara · Senin, 21 Juni 2021 - 09:45:00 WITA
Distan HSU Pertimbangkan Penggunaan Drone Pembasmi Hama di Lahan Pertanian
Drone yang digunakan untuk menyemprot lahan pertanian, termasuk untuk membasmi semak, gulma dan tanaman liar. (Foto: Antara/Eddy Abdillah)

HULU SUNGAI UTARA, iNews.id - Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mempertimbangkan pembelian drone penyemprot herbisida untuk membasmi tanaman liar dan gulma pengganggu di lahan pertanian milik petani. Langkah ini dilakukan jika hasil uji coba dari salah satu perusahaan dinilai sukses.

"Ada perusahaan yakni PT MKD melakukan uji penyemprotan Herbesida merk elang menggunakan mesin drone ke lahan pertanian, kita tunggu hasilnya apakah aman bagi petani," ujar Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSU Yuli Hertawan. 

Yuli mengatakan, drone dimaksud mampu mengangkut cairan herbisida dan terbang mengitari areal pertanian dan secara otomatis kembali ke titik start apabila semua cairan Herbisida sudah habis disemprotkan. Namun, alternatif pembelian drone ini bukan merupakan prioritas utama mengingat perlu anggaran untuk pembelian yang cukup mahal.

"Kita berharap upaya lain yang bisa menjadi motivasi petani untuk secara rutin dan berkesinambungan membersihkan lahan saat tanaman gulma atau Susupan Gunung belum tumbuh besar dan menyebar," katanya.

Yuli menyayangkan masalah tanaman liar di lahan rawa ini masih menjadi kendala yang dihadapi sebagian petani saat memulai musim tanam.

Padahal, jika petani membersihkan tanaman liar ini saat baru tumbuh tentu lelbih mudah dan efesien. Dia melihat ada kecenderungan petani malas membersihkan lahan mereka dari Susupan Gunung karena jenis tanaman liar ini batang dan akarnya memang agak susah dibersihkan.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: