Dinsos Banjarmasin Bagikan Bansos Sembako dan BLT kepada Warga Terdampak Corona

Antara ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 18:53 WITA
Dinsos Banjarmasin Bagikan Bansos Sembako dan BLT kepada Warga Terdampak Corona
Ilustrasi paket sembako. (Foto: Istimewa)

BANJARMASIN, iNews.id - Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah membagikan sebanyak 52.000 paket bahan pokok bagi warga yang terdampak Covid-19. Selain sembako, warga juga menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp250.000 setiap keluarga.

Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto mengatakan paket-paket bansos tersebut dibagi secara merata pada 52 kelurahan, sasarannya adalah warga yang terdampak langsung secara ekonomi akibat wabah Covid-19.

"Sasaran utamanya itu warga yang berpotensi jadi keluarga miskin baru, misalnya dirumahkan atau di Putus Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan, juga para pedagang dan lainnya yang terdampak ekonomi," kata Iwan Ristianto di Banjarmasin, Jumat (19/6/2020).

Pembagian paket bansos itu, kata dia, dimulai sebelum Banjarmasin menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Covid-19 yakni, pada 24 Maret hingga 31 Mei 2020.

Dia menyatakan, jumlah 52.000 paket bansos ini sudah lebih dari cukup karena warga yang terdata miskin di daerah ini sudah mendapat juga bantuan sosial berupa uang tunai Rp600.000 dari pemerintah pusat.

"Tidak ada tambahan lagi, kecuali dari pimpinan ada kebijakan baru," bebernya.

Dia mengakui, ada warga yang melaporkan ingin meminta paket bansos dari pemkot tersebut, namun setelah didata sudah dapat bansos dari Kementerian Sosial.

"Sekarang ini kan geliat ekonomi masyarakat juga sudah mulai jalan, meski ada penerapan protokol kesehatan ketat, jadi tidak banyak lagi yang mengeluh," ujar dia.


Editor : Faieq Hidayat