Dilengkapi APD, KPU Banjarmasin Simulasi Pemungutan Suara

Antara · Sabtu, 21 November 2020 - 15:14:00 WITA
Dilengkapi APD, KPU Banjarmasin Simulasi Pemungutan Suara
KPU Kota Banjarmasin laksanakan simulasi pemungutan suara di Pilkada Serenta 2020. (Foto: Antara/Sukarli)

BANJARMASIN, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sirekap di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2020. Bedanya simulasi kali ini, petugas dilengkapi alat pelindung diri (APD).

Gelar simulasi pemungutan suara untuk pilkada serentak di Kota Banjarmasin, yakni untuk Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Banjarmasin dan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, 9 Desember 2020, bertempat di halaman Gedung Sultan Suriansyah, Sabtu.

"Hari ini kami contohkan bagaimana cara pemungutan suara di TPS dengan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19," kata anggota KPU Kota Banjarmasin Syafruddin Akbar.

Menurutnya, pelaksanaan pemungutan suara berbeda dari pemilu sebelumnya karena masa pandemi Covid-19. Maka, penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat.

Dijelaskan pula bahwa para petugas TPS akan dilengkapi alat pelindung diri (APD), seperti pakai masker, pelindung wajah, dan sarung tangan.

"Kami juga menyiapkan APD lengkap atau baju hazmat di setiap TPS saat kondisi yang mengharuskan petugas memakainya," ucap Syafruddin Akbar.

Untuk pemilih, kata Akbar, dijadwalkan bergiliran datang ke TPS sehingga tidak ada kerumunan.

"Caranya masing-masing TPS saja menjadwalkan bagaimana, 'kan tentang waktunya dari pukul 07.00 hingga 13.00 WITA," katanya.

Bagi pemilih, kata dia, wajib sebelum masuk ke lingkungan TPS harus cuci tangan, diukur suhu tubuh, dan memakai sarung tangan yang disiapkan.

Editor : Nani Suherni