Cegah Penularan Covid-19, BLT Warga Desa Tambangan Astambul Diantar ke Rumah

Suhardian ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 19:52 WIB
Cegah Penularan Covid-19, BLT Warga Desa Tambangan Astambul Diantar ke Rumah
BLT untuk warga terdampak Covid-19

BANJARMASIN, iNews.id - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600.000 yang diberikan kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Tambangan, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, diantar langsung ke rumah-rumah. Hal itu mengikuti protokol kesehatan, dalam memutus rantai penularan virus corona.

Menurut Plt Kepala Desa Tambangan, Sarno, hal itu merupakan inisiatif pihaknya untuk mempermudah warga. “Karena ini untuk menghindari penyebaran corona maka lebih efektif kita langsung ke tempat mereka, tidak masalah capek sedikit yang terpenting semua sehat,” kata Sarno, Kamis (21/5/2020).

Selain banyak didominasi warga berusia tua dengan kondisi kesehatan rentan terpapar penyakit, pengantaran langsung itu untuk menghindari terjadinya kerumunan di tengah kondisi wabah saat ini.

BLT yang bersumber dari dana desa itu, diberikan kepada 98 kepala keluarga (KK) dari seratus lebih yang diusulkan. “Penerima adalah warga miskin baru yang belum pernah mendapatkan bantuan, baik dari pemerintah daerah maupun pusat,” ujar Sarno.

Salah satu penerima manfaat, Anang Samlani mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan uang tunai. Pasalnya, lelaki yang bekerja sebagai sopir angkot itu lebih banyak di rumah, lantaran sepinya penumpang sejak wabah melanda.

“Alhamdulillah sangat membantu, apalagi sekarang jarang menarik (membawa mobil angkot) sunyi penumpangnya,” kata Anang.

Desa Tambangan jadi yang terakhir penyaluran BLT di Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar. Total ada 1.827 KK yang mendapat bantuan uang tunai selama tiga bulan, sebagai kompensasi dampak wabah Covid-19.


Editor : Abay Fadillah Akbar