Bulog Sebut Stok Pangan di Kalsel selama Pandemi Covid-19 Aman

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 17:42 WIB
Bulog Sebut Stok Pangan di Kalsel selama Pandemi Covid-19 Aman
Ilustrasi. (Foto Ist).

BANJARMASIN, iNews.id - Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Kalimantan Selatan Arif Mandu menyebut ketahanan pangan untuk wilayah Kalsel saat pandemi Covid-19 cukup aman untuk lima bulan ke depan. Persedian beras di Gudang Bulog sekitar 11.800 ton.

"Ketahanan pangan dari data yang ada di Bulog pada saat Kalsel dilanda pandemi Covid-19 cukup aman untuk persediaan buat lima bulan ke depan," ucap Arif, Selasa (23/6/2020).

Selain itu, kata dia, untuk minyak ada persediaan sekitar 14.000 liter. Sedangkan gula ada stok sekitar 55.000 ton.

"Pada akhir minggu ini Bulog akan mendapatkan pasokan tambahan gula lagi sekitar 1.000 ton," ujar Arif.

Dia menyatakan, Bulog Kalsel nantinya akan mampu menyerap beras dari petani hingga 30 persen pada panen beras lokal. Diperkirakan panen beras lokal itu nantinya akan terjadi pada Juli dan Agustus mendatang, dengan beras yang diambil kebanyakan dari jenis gudak.

Menurut dia, nantinya bila pihak Bulog mampu menyerap hingga mencapai 30 persen itu, maka akan mudah bagi Bulog dalam memenuhi target serapan beras pada tahun 2020.

"Yang jelas sekali lagi saya tegas untuk ketahanan pangan di Kalsel ini masih aman terutama pada serapan beras yang dibantu dari petani lokal yang kita beli seharga Rp8.300," katanya.


Editor : Faieq Hidayat