Kalsel Akan Beli Beras Petani untuk Stok Pangan selama Pandemi Covid-19

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 09:35 WIB
Kalsel Akan Beli Beras Petani untuk Stok Pangan selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi sawah petani siap panen. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan akan membeli beras petani sebagai persiapan stok pangan selama pandemi Covid-19. Pembelian tersebut juga membantu petani agar tetap mendapatkan harga yang bagus saat panen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman mengatakan akan membeli beras petani dengan harga di atas pasaran.

"Kami telah menyiapkan dana hingga Rp5 miliar untuk rencana pembelian beras petani tersebut," kata Syamsir di Banjarmasin, Senin (22/6/2020) malam.

Menurut dia, upaya pembelian beras petani tersebut sangat penting, untuk melindungi petani dari dampak pandemi Covid-19.

Syamsir mengungkapkan, selama terjadi pandemi Covid-19 anggaran dinasnya dipotong hingga 50 persen untuk mempercepat penanganan virus corona. Pemotongan tersebut, salah satunya dimanfaatkan untuk membeli beras petani dengan harga lebih tinggi dibanding harga pasar.

Beras tersebut akan dimanfaatkan untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19. Selain itu, dia mengaku akan melindungi petani dari penyebaran Covid-19, melalui sosialisasi protokol kesehatan.

"Jangan sampai Covid-19 masuk desa, karena akan berpengaruh besar terhap produksi pangan daerah. Petani benar-benar harus mendapatkan perlindungan maksimal dari serangan Covid-19," katanya.


Editor : Faieq Hidayat