BNPB Kirim Helikopter ke Kalsel untuk Tangani Kebakaran Hutan

Antara ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 16:56 WITA
BNPB Kirim Helikopter ke Kalsel untuk Tangani Kebakaran Hutan
Helikopter Chinook untuk mendukung upaya penanggulangan karhutla dan penularan Covid-19 di Kalimantan Selatan. (Foto Antara).

BANJARBARU, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan helikopter Chinook untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Selatan (Kalsel). Biaya operasional helikopter tersebut ditanggung oleh BNPB.

"Chinook mendarat Senin lalu dan direncanakan selama 10 hari beroperasi di sini untuk membantu penanggulangan karhutla hingga percepatan penanganan COVID-19," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mujiyat di Banjarbaru, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa dengan kapasitas penampung air sampai 9.800 liter. Helikopter tersebut juga mempunyai kekuatan pengeboman air dua kali lebih besar dari helikopter yang sudah tersedia untuk keperluan penanggulangan bencana.

"Jadi keberadaan Chinook sangat kami maksimalkan dalam penanggulangan karhutla saat ini, mendukung tugas helikopter yang sudah ada," kata Mujiyat.

Selain untuk mendukung upaya penanggulangan karhutla, kata helikopter Chinook akan digunakan untuk mendistribusi keperluan logistik terkait penanganan Covid-19 seperti alat pelindung diri (APD).

"Ini bisa terbang selama empat jam, jadi tentunya dapat menjangkau sasaran jauh misalnya. Yang pasti, kita harus maksimalkan keberadaannya di sini," katanya.


Editor : Faieq Hidayat