BMKG Minta 3 Daerah di Kalsel Waspada Ancaman Banjir Rob hingga 26 Mei Mendatang

Antara ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 20:50:00 WITA
BMKG Minta 3 Daerah di Kalsel Waspada Ancaman Banjir Rob hingga 26 Mei Mendatang
Ancaman banjir rob mengintai tiga daerah di Kalsel selama 20 hingga 26 Mei. (Foto: ist)

BANJARBARU, iNews.id - BMKG Stasiun Banjarbaru Meteorologi mengingatkan potensi luapan air laut atau banjir rob yang menerjang wilayah pesisir Kalimantan Selatan pada 20 sampai 26 Mei 2022. Wilayah berpotensi terdampak yakni di Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala dan Tanah Laut.

Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin Rizqi Nur Fitriani mengatakan, serangan banjir rob di antaranya dipicu fase bulan purnama yang berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

"Adapun pasang maksimum terjadi di wilayah Muara Sungai Barito pada pukul 10.00 sampai 17.00 WITA," ujarnya, Jumat (20/5/2022).

Sungai Barito merupakan sungai besar dan terpanjang di Kalimantan yang berhulu di Pegunungan Schwaner Muller di bagian utara Kalimantan Tengah. Kemudian bermuara di Banjarmasin, Kalimantan Selatan menuju Laut Jawa.

Menurutnya, potensi cuaca signifikan seperti curah hujan tinggi, angin kencang dan gelombang tinggi serta tren penurunan tinggi muka air tanah juga dapat mempengaruhi dampak banjir pesisir.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: