Berstatus Tersangka, Eks Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming Dicegah ke Luar Negeri

Ari Dwi Satrio ยท Senin, 20 Juni 2022 - 23:00:00 WITA
Berstatus Tersangka, Eks Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming Dicegah ke Luar Negeri
Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming dicegah ke luar negeri oleh KPK. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), Mardani Maming yang sudah berstatus tersangka dicegah ke luar negeri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Permintaan pencegahan itu disampaikan KPK ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham.

Selain Mardani, KPK juga telah mencegah Rois Sunandar Maming untuk bepergian ke luar negeri. Rois Sunandar merupakan adik kandung Mardani Maming. 

Namun, belum diketahui secara pasti status hukum Rois. Rois maupun Mardani dicegah untuk enam bulan ke depan terhitung sejak 16 Juni 2022.

Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut dilarang ke luar negeri selama enam bulan ke depan terhitung mulai 16 Juni 2022.

Surat pencegahan ke luar negeri Mardani Maming telah dikirimkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Ditjen Imigrasi Kemenkumham telah menerima surat pencegahan ke luar negeri atas nama Mardani Maming.

"Betul (dicegah), berlaku sejak 16 Juni 2022 sampai dengan 16 Desember 2022," kata Achmad Nur Saleh.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, pencegahan kedua orang tersebut berkaitan dengan proses penyidikan kasus dugaan korupsi yang sedang ditangani di KPK.

KPK telah meningkatkan status perkara yang berkaitan dengan Mardani Maming ke tahap penyidikan. Sayangnya, Ali masih enggan membeberkan secara terang benderang siapa saja tersangkanya. 

"Berdasarkan informasi yang kami terima, benar, KPK telah mengajukan permohonan cegah ke pihak imigrasi terhadap dua orang terkait dugaan korupsi yang sedang kami lakukan proses penyidikan," kata Ali Fikri.

Ali tak membantah soal status tersangka Mardani Maming. Ali menekankan pihaknya saat ini sedang berupaya untuk mengumpulkan serta melengkapi bukti-bukti. Salah satunya, dengan menggali keterangan dari para saksi.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: