Berenang di Danau Kakaban Bareng Ubur-Ubur Langka? Ini Aturan yang Wajib Dipatuhi

Andaru Danurdana ยท Selasa, 08 November 2022 - 14:57:00 WITA
Berenang di Danau Kakaban Bareng Ubur-Ubur Langka? Ini Aturan yang Wajib Dipatuhi
Ubur-Ubur Langka di Danau Kakaban (Foto: Instagram/Indonesiainriyadh)

JAKARTA, iNews.id - Ubur-ubur langka rupanya hidup di Danau Kakaban, Kalimantan Timur (Kaltim). Wisatawan pun bisa berenang dengan ubur-ubur itu dengan aturan ketat.

Anda bisa menemukan Danau Kakaban di tengah Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan. Rupanya, ubur-ubur langka di sini ada empat jenis. Rinciannya,  ubur-ubur totol, ubur-ubur bulan,  ubur-ubur terbalik dan ubur-ubur kotak.

Pada umumnya, ubur-ubur dikenal sebagai hewan yang bisa menyengat. Namun konon, ubur-ubur di danau ini sudah jinak dan akrab dengan wisatawan. Ubur-ubur ini lama hidup di danau dan terisolasi dari laut.

Dilansir dari akun Instagram @indonesia_paradise. Danau Kakaban ini rupanya tercipta dari air laut yang terperangkap di tengah pulau. Danau itu pun mendapat pasokan dari dalam tanah dan hujan. 

Danau ini pun sudah ada sejak 2 juta tahun lalu pada zaman peralihan Holosin. Danau ini luasnya sekitar 5 km2. Danau ini juga berdinding karang setinggi 50 meter.

"Danau di Pulau Kakaban ini biasanya menjadi destinasi favorit di samping beberapa pulau lain di Kepulauan Derawan seperti Maratua dan Sangalaki," kata @Indonesia_paradise.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: