Bendungan Tapin Tambah Portofolio Proyek PT Barata Indonesia

Lukman Hakim · Jumat, 19 Februari 2021 - 08:30:00 WITA
Bendungan Tapin Tambah Portofolio Proyek PT Barata Indonesia
Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan (Foto: Dok PT Barata Indonesia)

SURABAYA, iNews.id - PT Barata Indonesia (persero) akhirnya menuntaskan salah satu proyek strategis di bidang hidromekanikal, yakni Bendungan Tapin yang berada di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Perusahaan BUMN ini menuntaskan proyek dengan nilai hampir Rp1 triliun.

Adapun pekerjaan Barata Indonesia meliputi, engineering, fabrikasi mekanikal, elektrikal, erection hingga commissioning.

Direktur Utama PT Barata Indonesia, Fajar Harry Sampurno mengatakan, pihaknya akan terus mendukung upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional. Hal ini sejalan dengan filosofi bisnis perseroan FEW+ (Food, Energy, Water), dimana pengelolaan sumber daya air merupakan hal penting dalam rangka mendukung produksi pangan yang berkelanjutan.

"Barata melalui kompetensi Divisi Sumber Daya Air akan terus mendukung penuh project pekerjaan hydromechanical tanah air. Bahkan hingga sisi tersiernya dalam upaya mengembangkan PLTA (pembangkit listrik tenaga air),” katanya, Kamis (18/2/2021).

Bendungan Tapin tersebut memiliki kapasitas 70,52 juta m3 dan akan mengairi lahan seluas 5.472 hektar di Kabupaten Tapin. Keberadaan bendungan ini diharapkan dapat menyediakan air baku untuk wilayah rantai sebesar 500 liter/detik, mereduksi banjir hingga 107m3/detik.

Selain itu, bendungan yang pembangunannya memakan waktu 5 tahun itu juga memiliki fasilitas konservasi air (ground water recharge), destinasi wisata di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin, dan sumber air untuk PLTA sebesar 3,30 MW.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2