Bawaslu HSU Gelar Sosialisasi Peraturan dan Non Peraturan pada Pemilu 2024

Anindita Trinoviana ยท Jumat, 18 November 2022 - 17:00:00 WITA
Bawaslu HSU Gelar Sosialisasi Peraturan dan Non Peraturan pada Pemilu 2024
Bawaslu HSU gelar Sosialisasi dan Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu. (Foto: dok Pemkab HSU)

AMUNTAI, iNews.id – Dalam rangka mendukung politik yang demokratis pada pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak pada 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu, yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna, Kamis (17/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Perwakilan Polres, Kodim 1001/HSU-BLG, Kominfo, Kepala Sekretariat dan anggota Panwaslu Kecamatan se-HSU.

Ketua Bawaslu Kabupaten HSU, diwakili Emmy Najmiati Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan masyarakat mengatakan, pemilu merupakan agenda bersama, dan masyarakat harus mengetahui agendanya serta aktif memastikan proses berjalannya dengan baik, sehingga menciptakan pemilu yang demokratis dan berkualitas.

Emmy menuturkan, maksud dilaksanakannya kegiatan sosialisasi peraturan dan non peraturan Bawaslu pada tahapan Pemilu 2024, agar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan dapat menyampaikan peraturan Bawaslu dan memberikan informasi tentang pemilu kepada masyarakat, sehingga nantinya mampu meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu. 

"Melalui Panwaslu Kecamatan memberikan informasi tentang tahapan penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat, sehingga dapat meminimalisir potensi-potensi permasalahan dalam pelanggaran pemilu agar diantisipasi sejak dini, sehingga masyarakat dapat mengetahui pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu sekaligus pencegahan dan penindakan terhadap potensi pelanggaran tersebut," katanya. 

Dia berharap, peran aktif semua pihak yang berhadir pada sosialisasi ini agar memastikan pemilu berjalan langsung, umum, bebas, jujur, dan adil.

"Semoga dengan sosialisasi ini kita lebih memahami bagaimana melakukan pengawasan partisipatif nantinya," ucapnya.

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel: