Angka Kasus Corona di Daerah Meningkat, Jokowi Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Felldy Utama ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 13:09 WIB
Angka Kasus Corona di Daerah Meningkat, Jokowi Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan
Presiden Joko Widodo. (Foto dok Setpres).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat kasus virus corona atau Covid-19 di beberapa daerah meningkat. Jokowi pun meminta masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Beberapa hari terakhir ini penambahan kasus positif Covid-19 masih meningkat di beberapa daerah dan satu, dua, tiga provinsi masih tinggi angka positifnya. Masyarakat yang berperan besar dalam menekan jumlah kasus dan mencegah penyebaran Covid-19," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/62020).

Jokowi menyebut kedisiplinan masyarakat diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19. Dia meminta pemakaian masker, jaga jarak dan cuci tangan terus dilakukan secara disiplin.

"Meski sudah berkali-kali saya sampaikan, saya mengajak masyarakat untuk disiplin mengikuti dan mematuhi anjuran-anjuran yang sering kita sampaikan gunakan masker, sering cuci tangan, jaga jarak yang aman dan hindari kerumunan," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan masyarakat harus siap dengan kebiasaan baru untuk saling mengingatkan agar disiplin dalam melaksanakan protokol kseshatan. Dia menyebut penyebaran Covid-19 masih terus terjadi.

"Saya minta juga agar masyarakat saling mengingatkan untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini yang harus terus kita lakukan. Harus jadi kebiasaan baru kita," jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengapresiasi kepala daerah yang bisa menekan laju penularan Covid-19. "Saya sangat apresiasi gubernur, bupati, wali kota, satuan gugus tugas di daerah yang telah berhasil menekan kasus di daerahnya, menekan angka kematian di daerahnya," kata Jokowi.


Editor : Faieq Hidayat