Alokasi Pembangunan Rumah Warga Korban Kebakaran di Kotabaru Berkisar Rp30 Miliar

Antara ยท Selasa, 24 November 2020 - 16:45:00 WITA
Alokasi Pembangunan Rumah Warga Korban Kebakaran di Kotabaru Berkisar Rp30 Miliar
Lokasi eks kebakaran di Jl Patmaraga Kelurahan Kotabaru Tengah yang akan ditata dengan pembangunan rumah permanen dari APBN (Foto: Antara/Ohi)

KOTABARU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Kotabaru mengalokasikan anggaran berkisar Rp25 miliar-Rp30 miliar untuk program penataan kembali rumah warga di lokasi eks kebakaran di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Anggaran itu dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

"Dari penjelasan teknis terhadap rencana pembangunan rumah eks korban kebakaran yang pendanaannya dari APBN 2021 itu, diperkirakan menelan dana Rp25 miliar hingga Rp30 miliar," kata Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Syairi, Selasa (24/11/2020).

Pemerintah akan membangun kembali rumah warga korban kebakaran dengan type 36 sebanyak 126 unit, yang biaya pembangunannya sekitar Rp200 juta per unit.

Saat ini masih ada beberapa orang yang belum menyetujui program penataan ini, yakni dari jumlah tersebut, 122 KK yang setuju, itupun baru 104 yang telah melengkapi segala dokumen dan persyaratan yang ditentukan.

"Perlu kami tegaskan, bahwa terkait program penataan lokasi eks kebakaran oleh pemerintah ini sepenuhnya gratis bagi warga, artinya 100 persen hibah termasuk sarana pendukung seperti sertifikat, jaringan listrik dan PDAM," kata Syairi

Editor : Nani Suherni