Aktivitas Penerbangan di Bandara Bersujud Kalsel Kembali Normal

Antara ยท Kamis, 07 Januari 2021 - 14:26:00 WITA
Aktivitas Penerbangan di Bandara Bersujud Kalsel Kembali Normal
Aktivitas penerbangan pesawat di Bandara Bersujud Tanah Bumbu kembali normal (Foto: Antaranews/sjd)

BATULICIN, iNews.id - Aktivitas penerbangan pesawat di Bandara Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sejak awal Januari 2020 sudah beroperasi normal. Penerbangan di bandara tersebut sempat tutup sejak Mei 2020 akibat pandemi Covid-19.

"Meski demikian, layanan penerbangan pada rute itu, pihak maskapai dan bandara tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bandara Bersujud, Surya, Kamis (7/1/2021).

Dia mengatakan, sesuai surat edaran satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan Nomor : 360/ 1527/BPBD/2020 tentang kewaspadaan dan penularan Covid-19 maka bagi pelaku perjalanan jalur udara wajib menunjukan hasil yang negatif dari uji rapid antigen sebelum penerbangan.

Bukan hanya itu, saat di bandara calon penumpang juga diperiksa suhu tubuh, disemprot disinvektan, dan wajib menggunakan masker atau tidak.

Menurut surya, ini adalah kewajiban seorang petugas pelayanan di bandara untuk menegakkan aturan tatanan baru atau new normal saat pandemi, artinya aktivitas seperti biasa tetap dilaksanakan namun tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan.

Editor : Nani Suherni