9 Kasus Omicron Ditemukan di Banjarmasin, Positif Covid-19 Tambah 273

Antara ยท Selasa, 08 Februari 2022 - 21:33:00 WITA
9 Kasus Omicron Ditemukan di Banjarmasin, Positif Covid-19 Tambah 273
Imbauan waspada Covid-19 di Banjarmasin.(Foto: Antara)

BANJARMASIN, iNews.id – Kasus Covid-19 varian Omicron ditemukan di wilayah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Dari 17 sampel yang dikirim ke Dinas Kesehatan, sembilan di antaranya terkonfirmasi kasus infeksi Omicron.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, hasil pemeriksaan 17 sampel yang dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan ke laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan ada sembilan sampel yang dikonfirmasi sebagai kasus infeksi Omicron. Tiga di antaranya merupakan sampel dari warga Banjarmasin. 

"Jadi kami akui, saat ini di Kota Banjarmasin sudah ada (penularan) varian Omicron. Tiga yang dinyatakan terpapar Covid-19 Omicron itu sudah sembuh," kata Machli Riyadi, Selasa (8/2/2022).

Machli mengatakan, Dinas Kesehatan sudah melacak riwayat kontak orang-orang yang dikonfirmasi terinfeksi Omicron dan melakukan pemeriksaan antigen pada orang-orang yang melakukan kontak erat dengan mereka.

"Pada semua kontak eratnya dilakukan (tes) swab antigen dan hasilnya negatif semua. Jadi, kami sudah berupaya mengeblok penularan ini," katanya.

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, angka kasus Covid-19 di Banjarmasin pada Selasa bertambah 273 kasus. Penderita Covid-19 yang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri di Kota Banjarmasin tercatat 1.147 orang.

Machli mengatakan, pemerintah kembali memperketat pembatasan kegiatan masyarakat serta menggiatkan penegakan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi untuk mengendalikan penularan Covid-19.

"Kita minta masyarakat terus waspada, tingkatkan penerapan protokol kesehatan, jangan lengah," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: