500 Warga Banjarmasin Ikuti Tes Swab Massal Drive Thru yang Digelar Polda Kalsel

Deny M Yunus ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 15:37 WIB
500 Warga Banjarmasin Ikuti Tes Swab Massal Drive Thru yang Digelar Polda Kalsel
Polda Kalsel menggelar tes swab massal drive thru warga Kota Banjarmasin, Rabu (24/6/2020) (Foto iNews/Deny).

BANJARMASIN, iNews.id - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar tes swab massal terhadap 500 warga Kota Banjarmasin, Rabu (24/6/2020). Pengambilan sampel swab di halaman Kantor Gubernur Kalsel ini menerapkan layanan drive thru sehingga peserta tidak harus turun dari kendaraan.

Kepala Biddokes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Bhayangkara. Tes swab massal ini melibatkan sekitar 100 petugas dari puskesmas di Banjarmasin, serta jajaran Biddokes Polda Kalsel dan RS Bhayangkara.

Mereka yang mengikuti pengambilan sampel swab ini sebelumnya mengikuti rapid test di 26 puskesmas di Banjarmasin. Peserta yang hasil tesnya reaktif selanjutnya mengikuti tes swab.

“Drive thru ini kami lakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan dan mencegah potensi penularan. Peserta tetap di kendaraan masing-masing,” kata Erwinn Zainul Hakim.

Seluruh peserta juga diwajibkan mengunduh aplikasi tes swab berjalan (siwalan) yang dibuat Biddokes Polda Kalsel. Kemudian, mendaftarkan diri dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai e-KTP.

Lewat aplikasi itu pula, petugas akan mudah melacak peserta tes swab massal yang hasil laboratoriumnya positif. “Selama HP-nya hidup, kami akan tahu di mana posisi orang tersebut sehingga bisa dilakukan tindakan selanjutnya. Apakah karantina khusus, isolasi mandiri atau perawatan di rumah sakit,” ujar Erwinn.

Erwinn mengatakan, sampel swab selanjutnya dikirim ke laboratorium yang memiliki PCR, termasuk RSUD Ansari Saleh. Hasilnya diharapkan bisa segera diketahui.


Editor : Abay Fadillah Akbar