5 Daerah Penghasil Biodiesel di Indonesia, Nomor 3 Dijuluki Kota Minyak

Afgiani Purwaningtias ยท Senin, 23 Januari 2023 - 17:30:00 WITA
5 Daerah Penghasil Biodiesel di Indonesia, Nomor 3 Dijuluki Kota Minyak
Ilustrasi Daerah Penghasil Biodesel

JAKARTA, iNews.id – Daerah penghasil biodiesel di Indonesia sudah mulai tersebar dipenjuru tanah air. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2021, Indonesia memproduksi sebanyak 16,37 juta kiloliter (kl) biodiesel. 

Bahan bakar Biodiesel atau yang sering disingkat B30 memiliki dasar utama pembuatan ini yakni kelapa sawit atau crude palm oil (CPO). Biodiesel merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang menajanjikan, bersifat ramah lingkungan, tidak mempunyai efek terhadap Kesehatan yang dpat dipakai sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. 

Kementerian ESDM meyakini bahwa penggunaan minyak sawit atau CPO sebagai bahan baku utama biodiesel akan efektif menurukan emisi. Beberapa daerah di Indonesia yang mampu memproduksi biodiesel biasanya karena memanfaatkan sumber daya alam yang ada seperti sawit. 

Berikut daerah penghasil biodiesel di Indonesia

1. Riau

Ilustrasi daerah penghasil biodesel di Indonesia
Ilustrasi daerah penghasil biodiesel di Indonesia

Riau merupakan provinsi di Indonesia yang terletak dibagian tengah pantai timur pulau Sumatera. Provinsi Riau memiliki sumber daya alam, baik kekayaan meliputi pertanahan, pertambangan, pertanian/perkebunan, kehutanan, kelautan/perikanan, dan industri/jasa. Sektor energi dan sumber daya mineral menjadi salah satu sektor penting di Riau contoh saja seperti biodiesel. 

Riau menjadi salah satu daerah penghasil biodiesel di Indonesia yang paling tinggi pada tahun 2021. Provinsi ini bisa menghasilkan biodiesel hingga mencapai 5.097.701 kiloliter.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: