4.986 Pengendara Ditilang di Kalsel selama Operasi Patuh Intan 2020

Antara ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:36 WITA
4.986 Pengendara Ditilang di Kalsel selama Operasi Patuh Intan 2020
Polda Kalsel mengggelar Operasi Patuh Intan 2020. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Sebanyak 4.986 pengendara ditilang di Kalimantan Selatan selama Operasi Patuh Intan 2020 sejak 23 Juli 2020. Selain itu 5.869 pengendara diberikan teguran.

"Selain tilang, ada 5.869 pengendara kita berikan teguran karena pelanggarannya tergolong ringan alias masih bisa ditoleransi," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Andi Azis Nizar di Banjarmasin, Rabu (5/8/2020).

Andi berharap tidak ada pengendara terkena tilang petugas. "Kalau kita berharap, tidak ada lagi pengendara yang terjaring razia karena semuanya tertib tanpa pelanggaran," ucapnya.

Karena menurut Andi, operasi sifatnya hanya sebentar. Setelah operasi yang diharapkan masyarakat tetap patuh dan tertib dalam berkendara setiap waktu.

"Jadi operasi ini hanya untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa patuh dan tertib berlalu lintas itu penting demi keselamatan bukan takut ditilang polisi," ujarnya.

Andi menegaskan, polisi tidak selamanya bisa mengawasi pengendara di jalan raya. Untuk itu, pentingnya tumbuh kesadaran dari diri sendiri untuk terus mengutamakan keselamatan.

"Selama Operasi Patuh tercatat ada 19 insiden kecelakaan. Kita berharap kasus kecelakaan ini dapat dijadikan pelajaran bagi pengendara lainnya. Ingat, kecelakaan pasti didahului pelanggaran lalu lintas," tukasnya.

Menyikapi masa pandemi Covid-19, Polantas juga mengedepankan penegakan protokol kesehatan bagi pengendara. Bagi yang tidak menggunakan masker ditegur untuk tidak lagi mengulangi sehingga jika keluar rumah wajib memakai masker.


Editor : Faieq Hidayat