2 WNA China di Lokasi Tambang Ilegal Tanah Bumbu Kantongi Visa Tenaga Ahli

Antara ยท Rabu, 24 November 2021 - 18:34:00 WITA
2 WNA China di Lokasi Tambang Ilegal Tanah Bumbu Kantongi Visa Tenaga Ahli
Tim Imigrasi mengecek WNA yang diamankan Polres Tanah Bumbu. (Foto: Antara/Firman)

BANJARMASIN, iNews.id - Dua warga negara asing (WNA) asal China berinisial LS dan LZ yang diamankan Polres Tanah Bumbu di lokasi aktivitas tambang batubara ilegal mengantongi visa kategori tenaga ahli yaitu indeks Visa C312. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin I Gusti Bagus M Ibrahiem. 

"Berdasarkan data Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM), kedua orang asing tersebut terdaftar sebagai pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS) bekerja dengan Indeks C312 yang bekerja pada PT. Sarabakawa," katanya, Rabu (24/11/2021).

Sementara hasil konfirmasi dengan pihak perusahaan yang diwakili oleh Beny Saputra selaku legal dijelaskan bahwa kedua WNA tersebut benar merupakan tenaga kerja asing di PT Sarabakawa. Dijelaskan bahwa pada hari kejadian, orang asing tersebut sedang berada di area tambang PT Sarabakawa namun tidak melakukan aktivitas penambangan seperti yang diberitakan.

Sehubungan dengan PT 86, Benny Saputra mengatakan bahwa PT 86 merupakan kontraktor dari PT Sarabakawa yang meliputi segala kegiatan penambangan.

Jadi pada saat kejadian orang asing tersebut hanya memantau pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai PT 86 dan tidak melakukan kegiatan penambangan sama sekali ketika dilakukan penangkapan oleh Polres Tanah Bumbu.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: