11 Doa Sembuhkan Orang Kesurupan yang Susah Keluar, Lengkap dengan Ayat Al Quran

Kastolani · Selasa, 06 Desember 2022 - 19:09:00 WITA
11 Doa Sembuhkan Orang Kesurupan yang Susah Keluar, Lengkap dengan Ayat Al Quran
Doa sembuhkan orang kesurupan yang susah keluar dalam Al Quran. (Foto: Leo Muhammad Nur)

JAKARTA, iNews.id - Doa sembuhkan orang kesurupan yang susah keluar lengkap dengan ayat Al Quran penting diketahui dan diamalkan saat ada orang kena gangguan jin dan setan. Kesurupan dalam pandangan Islam sudah disebutkan sejak awal diciptakannya manusia yakni Nabi Adam as.

Saat itu, Nabi Adam as dibisiki setan untuk memakan buah kuldi agar kekal di surga. Nyatanya, bisikan setan itu malah menjerumuskan Nabi Adam dan Siti Hawa hingga keduanya diturunkan ke bumi.

Peristiwa itu diabadikan dalam Al Quran, Surat Al-A'raf ayat 20. Allah SWT berfirman:

 فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ إِلا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ 

Artinya: Maka setan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya (Adam dan Hawa) untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka, yaitu auratnya, dan setan berkata, "Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)." Dan dia (setan) bersumpah kepada keduanya." (QS. Al A'raf: 20).

Dalam pandangan Islam, kesurupan merupakan fenomena di mana terjadi disosiasi yang menyebabkan hilangnya kemampuan dan kesadaran diri untuk menyadari realitas yang ada di sekitar. Kegoyahan jiwa itu mengakibatkan setan mudah masuk ke dalam tubuh seseorang.

Tata Cara Menyembuhkan Orang Kesurupan

Islam mengajarkan umatnya untuk melakukan ruqyah ketika mendapat gangguan jin dan setan. Ruqyah yaitu doa dan bacaan-bacaan ayat Al Quran untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Ketua PCNU Kendal KH M Danial Royyan sebagaimana dilansir dari laman pcnukendal menjelaskan, Jin yang merasuk dalam tubuh sering menjadi masalah yang berat, karena memengaruhi saraf otak. 

Karena itu, jin yang merasuk harus diusir dengan membaca doa dan dzikir sebanyak-banyaknya. Doa untuk mengusir jin dalam tubuh sangat diperlukan bagi orang yang kerasukan atau untuk memberikan pertolongan kepada orang lain yang terkena gangguan makhluk ghaib tersebut.

Cara mengusir jin dalam tubuh manusia bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena jin jahat yang suka mengganggu tersebut tentu akan menolak apabila disuruh keluar dari jasad seseorang. Caranya adalah dengan memohon perlindungan dari Allah dengan doa-doa tertentu dari ayat Al Quran.

Ruqyah bisa dilakukan sendiri maupun bantuan orang lain dalam hal ini ustaz, kiai atau ahli hikmah. Untuk bisa meruqyah mandiri, Muslim perlu mengetahui beberapa syarat agar tidak menyimpang dari syariat. Berikut tata caranya:

1. Suci dari hadas besar dan kecil, dan yakin bahwa kesembuhan datangnya dari Allah semata.

2. Berwudhu, karena membaca ayat-ayat Alquran harus dalam keadaan suci.

3. Melaksanakan sholat taubat dan sholat hajat

4. Membaca ayat-ayat Alquran seperti Ayat Kursi, Surat Al Fatihah,  Al Falaq, dan An-Naas.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: