10 Tenaga Kesehatan Terpapar Corona, 2 Puskesmas di Banjarbaru Ditutup

Antara ยท Senin, 06 Juli 2020 - 17:17 WIB
10 Tenaga Kesehatan Terpapar Corona, 2 Puskesmas di Banjarbaru Ditutup
Ilustrasi. (Foto: ANTARA)

BANJARBARU, iNews.id - Sebanyak 10 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Guntung Payung dan Puskesmas Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, terpapar virus corona atau Covid-19. Akibatnya dua puskesmas itu ditutup sementara.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru Rizana Mirza mengatakan, puskesmas tersebut ditutup selama dua hari sejak 6-7 Juli 2020.

"Hasil pemeriksaan, ada 10 tenaga kesehatan pada dua Puskesmas itu terpapar Covid-19 sehingga diambil kebijakan menutup puskesmas," ujar Mirza di Banjarbaru, Senin (6/7/2020).

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Banjarbaru itu, temuan kasus awal penularan virus corona pada dua puskemas di Kecamatan Landasan Ulin itu terjadi 15 Juni lalu.

"Tenaga medis dua puskemas itu memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga yang mengeluh sakit dan ternyata terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga mereka terpapar saat menjalankan tugas," ucapnya.

Dia menyebut tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 di Puskemas Guntung Payung sebanyak 3 orang. Sedangkan di Puskesmas Guntung Manggis, jumlah tenaga kesehatan yang terpapar corona sebanyak 7 orang.

Selama penutupan, kedua puskesmas akan disterilisasi dengan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh ruangan maupun lingkungan sekitar puskesmas tersebut.

"Dua puskesmas akan disterilisasi dan Rabu (8/7/2020) pelayanan diharapkan bisa normal kembali. Selama penutupan masyarakat bisa datang puskesmas di wilayah lain jika ingin mendapatkan layanan kesehatan," katanya.


Editor : Faieq Hidayat