Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto memberikan bingkisan kepada anak-anak yang divaksinasi di Mapolsekta Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin. (ANTARA/Firman)
Antara

BANJARMASIN, iNews.id - Vaksinasi serentak di Kalimantan Selatan berhasil menyuntik 38.500 warga, baik penerima dosis pertama, kedua maupun booster, Jumat (18/2/2022). Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar 100 persen masyarakat yang jadi sasaran vaksinasi bisa tercapai akhir Maret 2022.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan, TNI-Polri berkolaborasi bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder dalam percepatan vaksinasi agar target segera tercapai.

"Vaksinasi ini untuk 13 Polres jajaran sebanyak 21.500 orang dan BIN juga membantu percepatan kepada anak dan lansia hari ini dengan sasaran 17.000 orang," katanya di Banjarmasin, Jumat (18/2/2022).

Kapolda mengingatkan anggotanya dapat totalitas bekerja di lapangan membantu pelayanan vaksinasi. Apalagi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan seluruh jajaran Polda bergerak terus melakukan akselerasi vaksinasi hingga target 100 persen minimal dosis pertama tercapai.

Sementara capaian vaksinasi dosis pertama di Kalsel saat ini telah berada pada angka 85 persen untuk masyarakat umum. Kemudian lansia 67 persen dan anak-anak usia 6-11 tahun sekitar 7 persen.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron hingga sejumlah wilayah di Kalsel ditetapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, Kapolda pun berharap masyarakat dapat mematuhinya.

"Mari kita semua lebih disiplin lagi prokes dan patuhi semua aturan berkaitan penerapan PPKM demi menghentikan laju lonjakan kasus Covid-19," ucapnya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT