Pulau Curiak selama ini dikenal salah satu objek wisata sekaligus tempat konservasi Bekantan, hewan endemik Kalimantan.
Nani Suherni

BANJARMASIN, iNews.id - Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, bakal jadi destinasi wisata tamu Woman 20 (W20). Pulau itu selama ini dikenal salah satu objek wisata sekaligus tempat konservasi bekantan, hewan endemik Kalimantan. 

“Rencananya nanti pada pelaksanaan W20, para tamu dari mancanegara akan kami bawa ke sana (Pulau Curiak) untuk mengenalkan kepada mereka hewan ikon kita. Apalagi tamu mancanegara ini suka dengan wisata alam seperti itu,” kata Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, Banjarmasin, Senin (31/1/2022).

Syarifuddin menilai bahwa kawanan bekantan yang dikonservasi di Pulau Curiak juga sudah jinak. Mereka tidak khawatir saat membawa tamu mancanegara berkunjung ke sana.

“Bekantan-bekantan di sana sudah jinak, mereka tidak takut saat bertemu dengan orang asing. Ini juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi tamu-tamu dari mancanegara saat W20 nanti,” tutur Syarifuddin.

Terkait dengan akses ke Pulau Curiak, Syarifuddin menuturkan sudah cukup baik. Dia berharap, pada bulan Maret nanti air sungai Barito tidak pasang terlalu tinggi, supaya kapal-kapal bisa lewat dengan mudah.

“Semoga di bulan Maret nanti air tidak terlalu pasang, agar kapal-kapal bisa lewat di bawah jembatan, jika sampai pasang makan akan cukup jauh untuk memutarnya,” ucapnya.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT