Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, mantan Pangdam Mulawarman yang kini menjabat Sesmenko Polhukam. (Foto : Ist)
Donald Karouw

JAKARTA, iNews.id - Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso baru saja menyerahkan tongkat komando Pangdam VI Mulawarman kepada Mayjen TNI Tri Budi Utamo di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (15/7/2022). Jenderal TNI kelahiran Medan, Sumatera Utara ini akan mengemban tugas baru sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Polhukam (Sesmenko Polhukam).

Dengan jabatan ini, lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) atau peraih Adhi Makayasa tahun 1991 otomatis akan naik pangkat setingkat lebih tinggi atau menjadi Letjen dengan pangkat tiga bintang.

Keputusan mutasi itu tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Rekam jejak jabatan Mayjen Teguh Pudjo Rumekso sebelum menjadi Sesmenko Polhukam yakni menjabat Pangdam Mulawarman sejak akhir 2021.

Dia memulai karier di militer dengan menjadi perwira pertama Pussenif Kodiklat TNI AD pada 1991. Kemudian berlanjut sebagai perwira pertama Kodam V/Brawijaya (1992).

Saat mencapai pangkat letnan kolonel, dia menjabat Dandim 0904/Tanah Grogot dan selanjutnya masuk ring 1 Istana dengan menjabat Wadan Grup B Paspampres.

Naik pangkat kolonel, beberapa jabatan strategis pernah dipegangnya, antara lain Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi di Abepura, Jayapura, Papua.

Pangkat jenderal bintang satu didapat Teguh saat dipromosikan sebagai Wadan Pussenif Kodiklatad pada 2016. Kemudian berlanjut sebagai Kasdam VI/Mulawarman.

Dia selanjutnya kembali ke Pussenif sebagai komandan pada 2018. Kemudian menjabat Danpuspenerbad pada 2020 sekaligus mengikuti jejak seniornya yang pernah menghuni kesatuan untuk mendukung mobilitas tempur TNI AD tersebut. Kini tegus kembali ke Kodam VI Mulawarman dengan menjadi Pangdam.

Karier militer Mayjen Teguh Pudjo Rumekso juga dihiasi dengan terpilihnya dia sebagai Komandan Upacara HUT ke-69 RI pada 17 Agustus 2014 di Istana Merdeka, Jakarta.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT